Cara Aman Menggunakan Mie Instant Bumbunya Tidak Boleh Dimasak

Apakah anda pecinta mie instant ? ternyata bumbu mie instant tidak boleh dimasak bersamaan dengan mie. Jika kita perhatikan, di setiap kemasan mie instan selalu menyarankan cara penyajiannya dengan memasak mie terlebih dahulu kemudian mencampurkannya dengan bumbu yang sudah di taruh di mangkuk. Mengapa demikian?
Ternyata Bumbu Mie Instant Tidak Boleh Dimasak! Mengapa Ya…
Mie instant merupakan hidangan yang banyak digemari oleh masyarakat khususnya kalangan mahasiswa yang hidup di dalam kos-kosan. Mengkonsumsi mie instant secara berkala dalam jangka panjang dapat mengganggu kesehatan dan ternyata bumbu mie instant tidak boleh dimasak, karena di dalam makanan ini mengandung berbagai macam bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut beberapa bahan berbahaya yang terkandung dalam mie instant:

1. MSG (Monosodium Glutamat)
MSG adalah bahan adiktif yang digunakan untuk memberikan rasa gurih, sedap, dan nikmat pada mie instant. Alasan bumbu mie instant tidak boleh dimasak dikarenakan bumbu mie ini mengandung MSG yang cukup tinggi. MSG dalam bumbu mie ini jika dipanaskan diatas suhu 120 oC akan menjadi karsinogen yang memicu munculnya sel penyebab kanker. Sebenarnya MSG merupakan garam sodium yang berasal dari asam glutamat yang di butuhkan oleh tubuh. Penggunaan MSG baik bagi tubuh jika sesuai dengan kadar yang telah ditentukan yaitu 0.8% dari jumlah makanan.
2. Zat lilin
Zat lilin merupakan zat yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Pada umumnya zat ini dapat dicerna oleh tubuh selama kurang lebih tiga hari. Kandungan zat lilin dalam mie instant berguna sebagai zat perekat mie. Jika setiap hari mengkonsumsi mie instant maka zat lilin yang terdapat dalam mie akan terus menumpuk dalam tubuh dan dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker.
3. Natrium
Natrium merupakan zat yang berguna untuk menetralkan lambung. Dalam sebungkus mie instant mengandung natrium yang cukup tinggi. Tingginya kadar natrium dalam makanan dapat memicu naiknya asam lambung yang mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Jika hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan penyakit maag, hipertensi, dan darah tinggi.
4. Nipagin
Sebagian masyarakat banyak yang bertanya kenapa bumbu mie instant tidak boleh dimasak, jawabannya sangat sederhana karena kandungan bahan kimia dalam bumbu dapat bereaksi jika dipanaskan. Salah satu zat berbahaya yang terkandung dalam bumbu mie instant adalah nipagin yaitu zat pengawet makanan yang sering digunakan dalam mengawetkan makanan. Dalam pembuatan bumbu mie instant selalu menggunakan bahan pengawet agar tidak cepat rusak dan terjaga cita rasanya.
5. TBHQ (tertiary-butyl hydroquinone)
TBHQ adalah bahan kimia yang terkandung dalam mie instant yang berfungsi sebagai antioksidan. Tetapi bahan kimia ini tidak berasal dari antioksidan alami melainkan dari bahan kimia sintetis yang berbahaya. TBHQ dalam mie instant dapat digunakan sebagai bahan pengawet karena bahan ini mampu mencegah oksidasi minyak dan lemak sehingga mie dapat bertahan sangat lama. Penggunaan TBHQ secara berlebihan dapat menimbulkan gangguan pernapasan yang cukup serius.
Itulah beberapa bahan berbahaya yang terkandung dalam mie instant dan penjelasan bahaya memasak bumbu mie instant tanpa disertai cara mengkonsumsi yang benar. Berikut cara mengkonsumsi mie instant yang benar:
1. Konsumsi mie instant maksimal 2 kali seminggu
2. Buang air rebusan mie lalu bilaslah mie dengan air bersih
3. Jangan menuang bumbu mie saat perebusan
4. Tambahkan sayuran dalam mie
5. Jangan menambahkan makanan cepat saji seperti sosis dan bakso
Itulah beberapa ulasan seputar mie instant dan ternyata bumbu mie instant tidak boleh dimasak karena sangat berbahaya.

Baca juga artikel tentang :

Gangguan Kesehatan Yang Mengintai di Balik Nikmatnya Mie Instan

 photo banner-cari-sukses_zps615a960d.gif
MAU BELANJA ONLINE YANG AMAN KUNJUNGI
lazada.co.id
.:: DISCLAIMER ::.
Artikel, gambar ataupun video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut.
Jika Anda keberatan, apabila ada artikel, gambar ataupun video yang merupakan Hak Cipta Anda ataupun tidak berkenan untuk kami tampilkan kembali di website ini, segera beritahukan kepada kami melalui form di bawah ini dapat
Segera di Hapus dari Blog kami .
Silahkan Isi Komplain melalui form di bawah ini .